Home » » Google Tutup Friend Connect, Knol, dan Lainnya

Google Tutup Friend Connect, Knol, dan Lainnya


Beberapa layanan Google seperti Friend Connect, Knol dan beberapa lainnya segera ditutup, menyusul Google Health dan Google Buzz yang sudah dihentikan lebih dahulu.

Seperti yang ditulis oleh Urs Holzle (Senior Vice President, Operation & Google Fellow) pada blog Google, sejumlah produk yang ditutup tidak memiliki dampak seperti yang diharapkan dan sebagian lainnya diintegrasikan sebagai fitur di produk lainnya.

Friend Connect merupakan layanan yang memungkinkan pemilik website menambahkan fitur social pada website mereka sehingga pengunjung antara lain dapat memberikan komentar, sign in, melihat pengunjung lainnya, dan berpartisipasi pada poling. Google menutup layanan ini untuk situs non-Blogger mulai 1 Maret 2012. Google berharap, website yang telah menggunakan fasilitas ini dapat membuat halaman Google+ dan menempatkan badge Google+ pada website mereka sehingga dapat membawa follower-nya ke Google+.

Google juga menutup Knol yang diluncurkan pada 2007, yaitu sebuah layanan mirip dengan Wikipedia. Knol akan beroperasi hingga 30 April 2012. Mulai 1 Mei sampai 1 Oktober 2012 Knol tidak dapat dilihat tetapi pengguna masih bisa download artikel. Setelah itu Knol tidak dapat diakses. Sebagai gantinya, Google menyediakan layanan penerbitan yang disebut Annotum.

Layanan lainnya yang ditutup Google adalah Bookmarks Lists yang digunakan pengguna untuk berbagi-pakai bookmark. Google akan menghentikan layanan ini pada 19 Desember 2011. Akan tetapi Bookmarks, sebuah layanan yang berbeda yang memungkinkan pengguna menyimpan dan mengkoordinir bookmark, masih bisa bisa digunakan.

Google juga menghentikan layanan Search Timeline yang dapat menampilkan grafik historis dari hasil pencarian. Tetapi pengguna masih dapat melihat hasil pencarian untuk periode waktu tertentu menggunakan tool yang ada di sisi kiri halaman pencarian. Pengguna dapat memperoleh informasi tren pencarian menggunakan google.com/trends atau google.com/insights/search/.

Google Gears juga termasuk yang dihentikan, yaitu mulai 1 Desember 2011. Gears merupakan ekstensi browser untuk membuat aplikasi Web offline. Gmail berbasis Gears dan Calendar offline tidak akan jalan lagi pada semua browser, temasuk download Gears juga tidak disediakan lagi.

Pengumuman ini juga menyusul penghentian pengembangan Google Wave yang telah dilakukan sejak tahun lalu, dan mulai 31 Januari 2012 Wave hanya dapat dibaca. Pada 30 April 2012, layanan jejaring sosial ini dimatikan.

Sumber ilmukomputer.com

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Posting Komentar

 
Supported : Ende Batak | Sihotang Blog
Copyright © 2011. Blog Bang Bolon - All Rights Reserved
Template Modify by Bataknesia
Proudly powered by Blogger