Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Si Gale-Gale, Robot Nyentrik Yang Bisa Menari Tor-Tor


Ada yang menarik pada ajang International Robot Olympiad (IRO) 2011 kemarin, Kehadiran sebuah robot nyentrik Si Gale-ga
le, sebuah robot hasil kreasi tim robotik Universitas Indonesia menjadi sorotan para pengunjung dan para peserta IRO 2011.
Robot ini terkesan tradisional, Mengenakan ulos yang merupakan kain tradisional khas suku Batak, Sumatra Utara, dan yang unik,  Si Gale-gale bisa melakukan gerakan gerakan tarian Tor-tor mengikuti iringan musik yang diperdengarkan.
Dengan Menggunakan sensor bunyi yang dimilikinya, , Si Gale-gale bisa menggerakkan kedua tangannya meniru gerakan tari tor-tor.  Si Gale-gale pun dilengkapi dengan 21 actuator sehingga gerakannya diklaim menjadi lebih gesit. Gerakan tarinya pun sesuai dengan tempo dan irama dari musik pengiringnya.
Si Gale-Gale masuk dalam kategori robot Indonesiana. Diharapkan, ke depannya akan muncul robot lain yang menjadi pelestari budaya Indonesia. Robot ini pun  berhasil meraih Technical Award.
Selain Si Gale-gale, ada juga Inxscopoda, sebuah robot pelacak telecontrolled berbasis Android yang mampu menjelajah, mencari informasi tentang kondisi suhu, kelembaban dan visualisasi daerah berbahaya tanpa harus mempertaruhkan keselamatan tim penyelamat bencana.

sumber : beritateknologi.com/si-gale-gale-robot-nyentrik-yang-bisa-menari-tor-tor/

Posting Komentar untuk "Si Gale-Gale, Robot Nyentrik Yang Bisa Menari Tor-Tor"