Home » » Cukup Sepanjang "Tweet", Satu Game Tercipta

Cukup Sepanjang "Tweet", Satu Game Tercipta


Screenshot Binary Tetris dibandingkan dengan Tetris versi full. 
KOMPAS.com — Siapa mengira hanya dengan tulisan sepanjang 140 karakter, alias sepanjang tweet di Twitter, cukup untuk membuat sebuah game.

Hal itu dilakukan pengguna bernama Aemkei di GitHub, situs penyimpanan dan berbagi kode pemrograman terkemuka, seperti dikabarkan TheVerge.

Game yang dibuat Aemkei cukup beragam dalam proyek bernama 140byt.es. Salah satunya adalah Tetris versi biner (binary tetris).

Permainannya memang sangat sederhana, mengendalikan balok yang jatuh di sebuah bidang yang terdiri atas titik-titik. Hanya ada dua jenis balok: satu kotak dan dua kotak.

"Mesin" game itu tersusun atas sebuah kode Javascript yang cukup jika dipampatkan ke dalam 140 karakter alias sepanjang satu tweet di Twitter.

Namun, kode untuk kendali keyboard dan rendering-nya butuh lebih dari 140 karakter. Kode lengkapnya ada di GitHub, demo game-nya ada di JSBin.

Selain tetris, Aemkei juga pernah membuat minesweeper dan Conway Game of Life dalam 140 karakter. Semuanya bagian dari proyek 140byt.es.

140byt.es dipelopori oleh Jed Schmidt yang dibantu Alex Kloss. Proyek itu terinspirasi karya Thomas Fuchs dan Dustin Diaz.
http://tekno.kompas.com/read/2012/02/16/17222153/Cukup.Sepanjang.Tweet.Satu.Game.Tercipta
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Supported : Ende Batak | Sihotang Blog
Copyright © 2011. Blog Bang Bolon - All Rights Reserved
Template Modify by Bataknesia
Proudly powered by Blogger