Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kantor Pemerintah Diajak Pakai Linux


Komunitas Linux se-Jawa Timur menyelenggarakan rangkaian acara workshop dan pengkajian penggunaan sistem operasi berbasis kode terbuka (open source), yang dinamai Linux Camp.
Karena populasi pengguna sistem operasi kode terbuka di Tanah Air masih minoritas, acara ini tergolong peristiwa penting. Linux Camp merupakan salah satu upaya agar kantor-kantor pemerintah melakukan migrasi ke sistem operasi Linux, dengan berbagai pertimbangan yang akan menguntungkan Indonesia.

”Jika migrasi berlangsung dan birokrasi pemerintah pengguna PC (personal computer) sistem open source, akan sangat besar biaya yang bisa dihemat negara,” kata Fajar Rizqi Saputra dari Humas Linux Camp di Malang, Minggu (25/3).

Ini karena Linux sebagai sistem operasi kode terbuka dengan varian-variannya, termasuk versi Indonesia bernama Blank-on, adalah sistem operasi yang sepenuhnya gratis.

Dalam satu sistem operasi sudah ada paket lengkap sistem operasi dan aneka perangkat lunak pendukungnya. Linux juga nyaris aman dari virus komputer serta menggunakan ukuran hard disk amat kecil sehingga efektif untuk komputer pelajar, kantor pemerintah, perusahaan, serta institusi sosial dan pendidikan.

Linux Camp diikuti 50 peserta, yakni para penggiat dan aktivis Linux se-Jawa Timur yang diwakili oleh organisasi-organisasi penggiat Linux, seperti Kelompok Pengguna Linux Indonesia (KPLI), Linux User Grup (LUG), Kelompok Studi Linux (KSL), dan kelompok pengguna Distro tertentu (Distro istilah untuk varian Linux sesuai perkembangan kemajuan sistem operasi).

Kelompok-kelompok ini mewakili kalangan umum, hobiis, mahasiswa, dan sekaligus akademisi.

Linux Camp diharapkan bisa mendorong agar lebih banyak lagi masyarakat yang menggunakan sistem open source, baik di lingkungan rumah tangga, aktivitas pribadi, maupun birokrasi pemerintahan.

Komunitas Linux belum menghitung seberapa besar kantor pemerintah yang menggunakan open source. Namun, dipastikan potensinya sangat besar, dan pelaksanaannya bisa dilakukan bersamaan dengan di institusi-institusi pendidikan.
(ODY)

sumber

Posting Komentar untuk "Kantor Pemerintah Diajak Pakai Linux"