Home » » Sejarah Foursquare.com

Sejarah Foursquare.com


Foursquare adalah sebuah aplikasi telepon selular yang membantu penggunanya untuk menemukan sebuah cara baru dalam melakukan eksplorasi sebuah kota. Foursquare juga membantu penggunanya untuk bertemu dengan teman-teman dalam dunia maya. Foursquare merupakan sebuah situs web jejaring sosial yang berdasar kepada lokasi dari si pengguna, software dari telepon selular, dan juga merupakan sebuah permainan. Pengguna dari situs web ini bisa memberitahukan lokasi terbarunya atau yang disebut check-in melalui pengiriman SMS atau melalui sebuah aplikasi yang mendukungnya.
Dalam melakukan check- in lokasi, pengguna akan mendapatkan sejumlah poin .Ketika pengguna melakukan check- in yang menurut situs ini menarik, maka pengguna akan mendapatkan sebuah badge . Situs ini diciptakan oleh Dennis Crowley dan Naveen Selvadurai yang kemudian dibantu oleh Harry Heymann, Nathan Folkman, Mike Singleton, Tim Vetter, Evan Cohen, Peter Nofelt, Mark Wyszomierski, Anoop Ranganath, Chrysanthe Tenentes, Mari Sheibley, Jason Liszka, Alex Rainert, Tristan Walker dan Jon Hoffman.
 
 Definisi
Foursquare adalah sebuah situs web dan aplikasi dari telepon selular yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan teman mereka dan secara langsung check-in lokasi terbaru mereka. Foursquare hanya bisa digunakan pada Iphone, Android , Blackberry, Palm Pre dan telepon selular lain yang menawarkan aplikasi mobile web. Check-in di dalam foursquare adalah ketika pengguna memberitahu foursquare dimanakah dia berada . Check-in bisa dilakukan dimana saja, di restoran, museum, taman kota, atau di universitas. Pada saat anda melakukan check-in maka anda akan diberikan sebuah poin. Poin juga bisa didapatkan dengan menambah lokasi baru yang belum ada di dalam situs web Foursquare. Pengguna foursquare juga dapat check-in lokasi terbaru mereka sekaligus juga memberikan komentar tentang lokasi tersebut . Foursquare bekerja sama dengan Facebook dan juga Twitter, jadi jika pengguna check-in maka akan otomatis terdapat pada account Facebook dan Twitter. Pada Iphone versi 1.3, pengguna Foursquare dapat mengetahui check-in dari teman mereka yang dikenal dengan nama “Ping”. Pengguna juga bisa mendapatkan sejumlah badges yang bisa diartikan sebagai pangkat dengan check-in di tempat-tempat yang direkomendasikan dari situs atau mengunjungi sebuah lokasi dengan intensitas yang tinggi. Mayor adalah sebuah pangkat yang akan diberikan oleh situs web ini apabila anda telah check-in di satu lokasi dengan intensitas yang tinggi. Dan jika pengguna lain telah mengalahkan intensitas anda dalam check-in di lokasi tersebut maka dialah yang akan dinobatkan sebagai seorang Mayor yang baru. Banyak penawaran yang didapat bila anda adalah seorang mayor dari sebuah lokasi. Di dalam situs ini, pengguna juga bisa membuat sebuah list dari hal-hal yang akan dikerjakan (to do list) untuk kepentingan pribadi dan juga memberikan tips tentang lokasi tersebut sehingga pengguna lain bisa membacanya. Tips ini bisa berupa saran tentang apa yang sebaiknya dilakukan, dilihat, atau dimakan pada lokasi tersebut. Off the Grid check-in adalah sebuah check-in yang dilakukan pengguna secara rahasia karena pengguna tersebut tidak mau lokasinya diketahui oleh pengguna lain.
 

Sejarah

 
Foursquare diciptakan pada tahun 2009 dengan ketersediaan yang terbatas , yaitu hanya untuk 100 area perkotaan. (Amsterdam, Atlanta, Austin, Texas, Boston, Chicago, Dallas / Fort Worth, Denver, Detroit, Helsinki, Houston, Las Vegas, London, Los Angeles, Miami, Minneapolis / Saint Paul, New York City, Pittsburgh, Philadelphia, Phoenix, Portland, San Diego, San Francisco, Seattle, Toronto,DC, Seoul, dan Bombay ). Dan pada Januari tahun 2010, situs web ini bisa diakses tanpa batasan daerah sehingga berkembang menjadi 500.000 pengguna. Pada tanggal 21 Maret 2010 yang dinobatkan sebagai ulang tahun Foursquare, telah terdapat lebih dari 500.000 pengguna, lebih dari 1.000.000 badges yang sudah diberikan, lebih dari 1.400.000 tempat yang 1200 diantaranya memberikan penawaran spesial, dan telah terjadi lebih dari 15,5 juta check-ins
 

Poin

Poin bisa didapat melalui check-in dalam situs web ini. Pengguna bisa mendapatkan poin saat pertama kali check-in atau menambah suatu tempat baru di dalam situs web Foursquare. Foursquare juga menampilkan sebuah list di situs web nya agar kita bisa melihat siapakah dari pengguna situs ini yang sudah mendapatkan poin tertinggi dalam “Leaderboard”. “Leaderboard” ini akan di program ulang setiap Minggu malam pukul 12.00.

Pemberian Poin :

  +5 poin untuk pertama kali pengguna melakukan check-in
  +5 poin saat pengguna menambah suatu lokasi baru yang belum ada di situs web
  +1 poin saat pengguna melakukan check-in

Pada Desember 2009, poin-poin ini disumbangkan untuk kegiatan amal
 

Badges

Badges adalah imbalan atau hadiah yang diberikan untuk pengguna apabila ia melakukan check-in di tempat-tempat yang menarik. Badges biasanya mempunyai ikatan dengan lokasi yang di tag. Pengguna melakukan tag untuk menjelaskan sebuah tempat atau lokasi di situs web ini. Staf dari Foursquare sangat hati-hati dalam memberikan informasi tentang cara membuka badges. Terdapat beberapa macam badges yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegunaan. Badges lainnya menunjukkan sebuah kota, lokasi, event, atau tanggal.
 
1
 
 

Superuser status

 
 
Layanan ini menyediakan tiga tingkat "Superuser status". Status Superuser ini diberikan padapengguna yang sering check in atau memasukkan informasi tempat baru ke dalamFoursquare.
 
  • Superuser level 1 dapat mengedit info tempat (alamat, jalan lintas, telepon, namaTwitter, peta lokasi pin), tempat menandai sebagai "tertutup ", dan biarkan Foursquaretahu tentang tempat duplikasi.
  • Superuser tingkat 2 dapat mengedit tempat, menggabungkan duplikat daftar tempat,menyesuaikan garis lintang dan bujur dari suatu tempat, menghapus tag, dantambahkan kategori tempat untuk tempat apapun.
  • Superuser Tingkat 3 menambahkan kemampuan untuk membuat dan menghapus aliastempat, serta mengakses "antrian global" untuk berbagai alat SU, sepertimenggabungkan permintaan, mislocated tempat, dan menyarankan perubahan alamat;Sus tingkat yang lebih rendah hanya dapat mengakses permintaan tertunda di kotamereka saat ini terdaftar sebagai masuk
 

Devices

 
Foursquare saat ini dapat diogunakan di iPhone, Symbian, Android, WebOS, Windows Phone 7 dan aplikasi BlackBerry. aplikasi Maemo sedang dalam tahap pengembangan awal dan tidak ditampilkan di situs Foursquare. Pengguna dengan ponsel Symbian dan Pocket PC (Windows. Touchscreen Mobile) juga dapat menggunakan Foursquare melalui Waze, yang juga tersedia untuk iPhone, Android dan BlackBerry.  Juga,. ada aplikasi lain untuk pengguna Symbian, bernama "Sym4Square", yang mirip dengan aplikasi untuk Android, BlackBerry dan iPhone . Pengguna juga dapat menggunakan mobile browser mereka untuk mengakses Foursquare mobile, namun fitur pengguna telepon harus mencari tempat secara manual daripada menggunakan yang aplikasi GPS maupun PDA.
 

Awards


  • In 2010, Foursquare was named a runner-up in the T3 Gadget Awards 2010 as the App of the Year
  • In August 2010, the company was a finalist in Lead411's New York City Hot 125.
  • In April 2010, Foursquare received a Webby Award as one of the best mobile social networks.
  • In March 2010, Foursquare was nominated for the 13th annual SXSW Web Awards in the Mobile Category.
  • Foursquare was named a 2011 Technology Pioneer by the World Economic Forum in the Information Technologies and New Media category.
  • In January 2011, Foursquare was named Best Location Based Service in theTechCrunch Crunchies 2010.
 


Mayorship

Jika seorang pengguna telah check-in ke tempat yang sama (yang berarti hanya satu check-inper hari yang memenuhi syarat untuk menghitung mayorship) dari orang lain dalam 60 hariterakhir, check-in yang berlaku adalah berdasarkan waktu Foursquare dan protokol , danmereka memiliki foto profil, mereka akan dinobatkan sebagai "Mayor" dari tempat itu, sampaiorang lain memperoleh gelar dengan memeriksa junmlah check-in lebih banyak dari Mayorsebelumnya.
 
 
Pada tanggal 26 Agustus 2010, Foursquare meluncurkan fitur baru yang memberitahupengguna dari jumlah hari yang tersisa sebelum ia dinobatkan sebagai "MayOR" Bila pengguna"cek-in" untuk sebuah tempat di Foursquare melalui aplikasi mobile.
 
source : WikiPedia
 
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Supported : Ende Batak | Sihotang Blog
Copyright © 2011. Blog Bang Bolon - All Rights Reserved
Template Modify by Bataknesia
Proudly powered by Blogger