Home » » Sejarah Instagram Mobile Aplication

Sejarah Instagram Mobile Aplication

Sejarah Awal Kesuksesan Instagram Aplikasi MobileInstagram adalah aplikasi gratis untuk berbagi foto yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto, menerapkan digital penyaringan untuk itu, dan kemudian berbagi pada berbagai layanan jaringan sosial, termasuk sendiri Instagram itu. Sebuah fitur batas foto ke dalam bentuk persegi yang khas, biasanya lebih  digunakan oleh perangkat mobile kamera .

Instagram awalnya didukung pada iPhone, iPad, dan iPod Touch, pada bulan April 2012, perusahaan menambahkan dukungan untuk Android 2.2 (Froyo) atau lebih tinggi. Hal ini didistribusikan melalui iTunes App Store dan Google Play.

Pengembangan Instagram dimulai di San Francisco oleh Burbn Inc. yang digawangi Kevin Systrom dan Mike Krieger. Saat itu, keduanya memang tengah fokus pada dunia fotografi mobile. Barulah pada 6 Oktober 2010 mereka memutuskan untuk merilis produknya ke Apple App Store.

Meskipun merupakan aplikasi baru, pengguna Instagram telah mencapai 1 juta orang pada Desember 2010. Awal Januari 2011 Instagram menambahkan Hashtags untuk lebih memudahkan pengguna menemukan foto yang mereka cari. Sebulan berselang, Instagram mengumumkan kemajuan finansial sebesar US$ 7 juta berkat dukungan para investor. Kesepakatan tersebut membuat nilai jual Instagram melonjak ke angka US$ 25 juta.

Hal ini semakin menguatkan posisi Instagram sebagai salah satu aplikasi yang paling banyak diminati. Terbukti pada Juni 2011 mereka mengumumkan telah memiliki sekitar 5 juta pengguna. Belum genap satu tahun semenjak peluncurannya atau pada Agustus 2011, tercatat sebanyak 150 juta foto diunggah ke Instagram.

Pada bulan September di tahun yang sama, mereka meluncurkan versi 2.0 di App Store dengan menambahkan fitur baru seperti Live Filter, foto resolusi tinggi, Tilt Shift secara instan, dan yang lainnya. Jumlah pengguna pun semakin meningkat menjadi 10 juta.Kini, pengguna Instagram di iOS diklaim melebihi 30 juta.

Pada awal April 2012 lalu, mereka merilis aplikasinya dalam versi Android. Sesuai dugaan, hanya dalam waktu satu hari Instagram Android diunduh sebanyak 1 juta kali. Nilai jual mereka pun mencapai US$ 500 juta (Rp 4,5 triliun).

Tak lama setelah merilis versi Android, kabar mengejutkan datang ketika Facebook mengumumkan telah membeli Instagram dengan nilai fantastis, yakni US$ 1 miliar (Rp 9 triliun). Kabarnya, pembelian ini telah menguras seperempat dari total kas yang dimiliki jejaring sosial terbesar itu.

Selama kiprahnya di ranah aplikasi, beberapa penghargaan sempat diraih oleh Instagram dan para punggawanya. Berikut beberapa daftar penghargaannya.
- Runner-up "Best Mobile App" 2010 oleh TechCrunch
- Kevin Systrom mendapat peringkat ke-66 dalam "The 100 Most Creative People in Business in 2011".
- "Best Locally Made App" di SF Weekly Web Awards.
- Terpilih sebagai "App of the Year 2011" oleh Apple

Pada tanggal 9 April 2012, Facebook mengumumkan akan mengakuisisi perusahaan (dan 13 karyawan) dengan harga sekitar $ 1 miliar dalam bentuk tunai dan saham, dengan rencana untuk tetap dikelola secara mandiri.


sumber
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Supported : Ende Batak | Sihotang Blog
Copyright © 2011. Blog Bang Bolon - All Rights Reserved
Template Modify by Bataknesia
Proudly powered by Blogger